Tim Saber Pungli Kumpulkan Ratusan ASN Disdik

Tim Saber Pungli Kumpulkan Ratusan ASN Disdik

Tim Saber Pungli Kumpulkan Ratusan ASN Disdik

Ratusan aparatur sipil negara (ASN) yang di lingkungan dunia pendidikan Kota Bogor

, mengikuti sosialisasi sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) di aula Dinas Pendidikan, Jalan Pajajaran 125, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, kemarin.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor Jana Sugiana mengingatkan agar seluruh kepala TK/SD/SMP beserta jajajarannya, agar selalu berhati-hati dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan yang diamanatkan.

“Perlu diingat, pungli merupakan kegiatan memungut atau meminta biaya secara paksa kepada pihak lain

. Jadi pungli itu adalah praktek kejahatan atau perbuatan pidana,” kata Jana.

Ia berharap, para peserta dapat menyampaikan hasilnya kepada kepala sekolah lainnya, baik yang ada di lingkungan SD maupun SMP. Sehingga dalam mengelola dan menjalankan tupoksinya tidak bermasalah dikemudian hari.

“Komite pun harus juga mencegah terjadinya pungutan liar yang tidak sesuai dengan Permendikbud No 75

, sehingga anak-anak didiknya akan lebih baik lagi,”tegasnya

Sementara itu, Ketua Pelaksana Sosialisasi Saber Pungli Kota Bogor Mamad Rohimat menjelaskan, sosialisasi ini sebagai upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif dan menimbulkan efek jera. Namun pemahaman tentang pungli, tidaklah sama sosialisasi untuk memberi gambaran ke Aparatur Sipil Negara (ASN) agar terhindar.

“Dengan adanya sosialisasi ini dapat diketahui apa yang boleh dan tidak boleh dikerjakan terkait dengan pungli, dan berkomitmen bersama untuk mewujudkan tidak ada lagi pungli, khususnya di lingkungan Disdik,” imbuhnya.

Menurutnya, strategi secara pre-emptif (pembinaan) dan preventif (pencegahan) sejak awal itu yang utama, supaya PNS dan masyarakat tidak melakukan tindakan yang melanggar Perpres Nomor 87 tahun 2016.

“Apabila tertangkap tangan nantinya strategi represif (penegakan hukum) akan dilakukan. Tetap akan diproses secara hukum,” bebernya.

 

Baca Juga :