Pramuka Wahana Penting dalam Pembentukan Karakter Siswa

Pramuka Wahana Penting dalam Pembentukan Karakter Siswa

Pramuka Wahana Penting dalam Pembentukan Karakter Siswa

Kemendikbud — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy

menilai gerakan pramuka adalah sebuah wahana penting untuk membentuk karakter siswa. Nilai-nilai yang diajarkan dalam pramuka juga sudah sesuai dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dilaksanakan pemerintah.

“Pramuka adalah wahana untuk membentuk karakter siswa, kalau pramukanya sudah terorganisir dengan baik, dijadikan tempat untuk membentuk kepribadian siswa berarti sudah jalan pendidikan karakter,” kata Mendikbud saat membuka Kemah Penguatan Karakter Tahun 2017 (Kepak 2017) untuk siswa sekolah menengah atas (SMA), Senin (13/11/2017) di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya

meningkatkan peran pramuka dalam membentuk karakter siswa. “Pramuka akan kita revitalisasi dan kita tingkatkan perannya. Sistem pelatihannya akan kita mantabkan dan sinkronkan dengan Peraturan Presiden tentang program Penguatan Pendidikan Karakter,” ujar Muhadjir.

Muhadjir menambahkan bahwa pramuka secara eksplisit tercantum Peraturan Presiden tentang PPK. Oleh karena itu semua pihak yang terlibat dalam gerakan kepramukaan harus berupaya meningkatkan peranan pramuka sebagai motor pembentukan karakter.

Mendikbud berpesan agar setiap anggota pramuka bersikap sebagai pandu bangsa

, yang memiliki tugas besar yaitu menunjukkan arah perjalanan bangsa Indonesia. Ia berharap setiap anggota pramuka memiliki idealisme dan cita-cita yang tinggi untuk kemajuan bangsa.

“Pramuka atau yang dulu dikenal sebagai gerakan kepanduan dipandang sangat strategis, bahkan dalam lagu Indonesia Raya pun disebut majulah pandunya,” kata Muhadjir. Sejalan dengan hal tersebut, Kegiatan Kepak 2017 ini diharapkan melahirkan kader-kader pandu yang mampu memberi arah perjalanan bangsa, dan membimbing generasi pramuka berikutnya. (Nur Widiyanto)

 

Sumber :

https://sel.co.id/