Paham konstruktivisme, yang dirintis semenjak lama oleh Piaget

Paham konstruktivisme, yang dirintis semenjak lama oleh Piaget

Paham konstruktivisme, yang dirintis semenjak lama oleh Piaget
Paham konstruktivisme, yang dirintis semenjak lama oleh Piaget

 

paham konstruktivisme, yang dirintis semenjak lama oleh Piaget. Efektivitas belajar dapat dideteksi apakah pembelajaran yang berlangsung di sekolah ini memiliki manfaat bagi siswa. Dengan demikian di kalangan siswa akan muncul rasa ingin tahu, rasa ingin melibatkan diri, mencoba-coba, mengajukan pertanyaan dalam kegiatan pembelajaran, berusaha menamukan sendiri jawaban dari masalah yang dipelajari.

Menurut UNESCO, kecenderungan pendidikan di abad 21 memuat empat pilar utama, yaitu: (1). Learning to know, (2) Learning to do, (3). Learning to live together, (4). Learning to be, sedangkan tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diluncurkan pada Tahun 2006 bahwa Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut:

1. berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.

2. beragam dan terpadu

3. tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

4. relevan dengan kebutuhan kehidupan

5. menyeluruh dan berkesinambungan

6. belajar sepanjang hayat

7. seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

Memperhatikan hal-hal tersebut di atas guru dituntut untuk mampu mengembangkan model-model pembelajaran atau pendekatan pembelajaran yang dapat di dukung teori-teori tersebut. Berbagai bentuk pembelajaran yang menunjang pilar keempat pembelajaran yang dikemukakan UNESCO adalah (I) Cooperative Learning (Pembelajaran Kooperatif); (II).Problem Based Instructions(Pembelajaran berdasar Masalah) (III).Direct Instructions(Pembelajaran langsung).

Kata kunci: inovasi pembelajaran, pembelajaran mipa, kurikulum tingkat satuan pendidikan, piaget, penguatan, reinforcement, stimulus dan respon, ausubel, brunner, piaget, gagne, pavlov,, teori psikologi, pembelajaran langsung, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berdasar masalah

Baca Juga :