Mengenal Spotted Scat (Scatophagus Argus)

Mengenal Spotted Scat (Scatophagus Argus)

Mengenal Spotted Scat (Scatophagus Argus)

keshaforcongress.com – Ikan ini berbentuk hampir bulat dengan sirip punggung dan perut agak simetris, dan bagian kepala agak menonjol ke depan. Sirip ekor lebar dan rata, tidak bercagak. Sementara sekujur badannya yang berwarna dasar sawo matang hingga agak kekuningan dihiasi dengan bintik – bintik berwarna hitam.

Ikan ini cukup banyak peminatnya meskipun tidak semua mereka bisa merawatnya, karena memang memerlukan perlakuan khusus dan tidak mudah. Bagi para hobiis yang sudah kawakan silahkan mengoleksi ikan ini.

Asal – usul

Berasal dari daerah Indo – Pasifik di sepanjang pantai, ikan ini bisa hidup berdampingan dengan ikan lain tanpa saling mengganggu karena memang sifatnya yang pendamai. Namun demikian disarankan untuk menempatkan ikan – ikan yang berukuran sama dalam akuarium dan bukan jenis yang suka memangsa ikan lain.

Di alam aslinya bisa mencapai panjang hingga 33 cm, namun di akuarium dan tempat pemeliharaan hanya bisa mencapai setengahnya. Hal ini tentu sangat beralasan mengingat tempat pemeliharaan yang terbatas, makanan dan gerakan mereka yang tidak leluasa seperti di alam aslinya.

Akuarium untuknya

Sebagai ikan pajangan, cukup menarik. Hanya perlu diperhatikan beberapa hal agar bisa bertahan hidup lama. Yang pertama adalah, akuarium harus cukup luas minimal berukuran 90 X 45 X 45 cm atau 100 X 50 X 45 cm. Kedua, kualitas air. Air yang dipakai sebaiknya agak keras, basa, dan alangkah baiknya kalau ditambahkan 1 (satu) sendok teh garam dapur setiap 4 liter air. Suhu harus diusahakan berkisar antara 23 –26 derajat Celcius. Yang ketiga adalah asesories atau hiasan yang akan dipajang di akuarium. Karena ikan ini suka membongkar tanaman hingga ke akar – akarnya, maka hendaklah disediakan tanaman yang agak keras, yang dijepit kuat – kuat diantara batu – batuan, kemudian dihias juga dengan batu – batu yang cukup artistik serta jangan lupa melengkapinya dengan bonggol kayu yang sudah dibersihkan.

Tentu dari semua itu tidak boleh dilupakan perlengkapan akuarium yang standard seperti ; aerator, filter, heater (kalau ruangan ber- AC), serta lampu ultra violet. Semua itu dimaksudkan untuk menjaga kelangsungan hidup ikan ini.

Makanan

Untuk mempertahankan hidupnya ikan ini perlu diberikan makanan yang cukup, atau pun makanan kalengan. Tergolong ikan yang tidak mempunyai perilaku berenang yang khusus menjadikan ikan ini merambah ke semua bagian akuarium.

Akuarium sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang cukup terang dengan sinar cukup, namun jangan terkena sinar matahari langsung.

Dengan memperhatikan hal – hal tersebut diatas, maka besar kemungkinan ikan yang kita pelihara akan sehat dan hidup lebih lama.