MASYARAKAT INDONESIA DI TENGAH MODERNISASI DUNIA

MASYARAKAT INDONESIA DI TENGAH MODERNISASI DUNIA

MASYARAKAT INDONESIA DI TENGAH MODERNISASI DUNIA
Latar Belakang
Dimana-mana masyarakat Indonesia menderita kekurangan sandang, papan dan pangan, mutu pendidikan pendidikan, sosial  budaya, tehnologi, tehnologi menurun di banding negara di dunia.
Apalagi menghadapi era globalisasi masyarakat Indonesia sangat belum siap terbukti masih  kalah dengan persaingan pasar. Produk luar banyak yang masuk ke masyarakat kita (import) sedangkan produk dari kita.
Namun dengan moderinisasi masyarakat Indonesia yang tadinya masih menggunakan tehnologi tradisional bisa menjadi teknologi modern. Tidak hanya tehnologi  saja namun masih banyak  aspek-aspek kehidupan yang mengalami  perubahan  akibat modernisasi.
Untuk itu sebabgai masyarakat Inodonesia, kita harus siap menghadapi modernisasi  yang semakin mendunia ini.
Rumusan Masalah
1.    Sebutkan dan jelaskan gejalan modernisasi  di Indonesia dalam aspek kehidupan?
2.    Upaya-uapaya yang harus dilakukan  asyarakat Indonesiadi tengah modernisasi?
Tujuan Masalah
3.    Kita dapat mengetahui  gejala modernisasi di Indonesia dalam banyak aspek kehidupan.
4.    Mengetahui upaya apa yang harus dilakukan masyarakat Indonesia di tengah modernisasi.
GAMBARAN TENTANG MODERNISASI
Modernisasi dalam arti farfiah  adalah proses menjadi masyarakat tradisional  menjadi masyarakat modern. Ini berarti proses perubahan  masyarakat dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Modernisasi adalah suatu gejala sosial  yang dapat kita amati tanda-tandanya dalam kehidupan  masyarakat. Kita dapat melihat wujud proses modernisasi tersebut dalam  perkembangan masyarkat di dunia maupun di Indonesia.
Menurut J.W Schoorl (1981) gejala modernisasi tidak bias  di definisian  hanya dalam satu atau dua kalmia karena gejala modernisasi melputi banyak  aspek kehidupan. Kita dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan modernisasi  hanya kalau kita mengenali  berbagai aspek tersebut.
Dari aspek ekonomi, gejala modernisasi dapat dilihat dari tumbuhnya  komplek industri secara besar-besaran yang mengadakan  produksi   barang-barang  konsumsi  dan barang-barang sarana produksi  secara masal. Ini berarti  tumbuhnya organisasi-organisasi yang komplek  untuk mendirikan,. Menyelenggarakan dan  mengembangkan aparat produksi itu serta mengadakan pembelian  bahan-bahan  baku  dan penjualan  produknya. Pengertian modernisasi kurang lebih sama dengan pengertian industrialisasi.
dunia yang berubah sifatnya dari semula bersifat mistik dan magis menjadi lebih rasional. Bersamaan dengan itu, terjadilah semacam sekulerisasi. Hal itu berarti bisdang-bidang kehidupan yang berbeda, dan aktifitas-aktifitas yang penting  sifatnya lebih terpecah-pecah dan lebih mandiri. Agama dan pandangan hidup juga berkurang  kaitanya dengn aktivitas-aktivitas sosial  ekonomi dan politik.
Dari uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa modernisasi mencakup banyak aspek kehidupan. Meskipun demikian bukan berarti kita tidak bisa memberikan pengertian  modernisasi yang mencakup sebuah gejala tersebut. Melihat-aspek-asek modernisasi diatas, kita dapat menyimpulkan  bahwa modernisasi tidak tidak lain merupakan penerapan pengetahuan rasional dan  ilmiah terhadap semua aktivitas disebuah bidang kehidupan atau terhadap  semua aspek  masyarkat. Masyarkat dikatakan lebih atau kurang menerapakan pengetahuan dengan cara-cara  yang dapat dipertnggung jawabkan  secara ilmiah. Termasuk disini adalah penerapan sumber-sumber energi  tak bernyawa  atau alat-alat tehnologi  untuk memperbesar hasil produksi. Namun hal itu tidak hanya menyangkut pengetahuan  disegala bidang kihidupan atau menangani semua aktivitas manusia.