Jabar Mulai Buka PPDB Pada Mei 2019

Jabar Mulai Buka PPDB Pada Mei 2019

Jabar Mulai Buka PPDB Pada Mei 2019

Dalam upaya membentuk karakter dan mental serta interaksi sosial

agar menjadi insan yang tangguh, Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) A Kota Bandung menggelar Latihan Dasar Kepimpinan Siswa (LKDS) Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan dua hari itu, para peserta diberi tugas melakukan perjalanan dari pos ke pos lainnya, untuk diberikan materi dengan bahasan yang berbeda. Contohnya, pada pos satu, siswa ditugaskan meminta tandatangan dari Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Ketua Pelaksana LDKS SLBN A Kota Bandung Muhammad Fahmi mengatakan

, sebelumnya anak-anak sudah dilatih terlebih dahulu dengan persiapan mental dan fisik. ”Tetapi, mereka dilatih saja tidak diberitahu jalan-jalan akan dilintasinya,” kata Fahmi, disela kegiatan, baru-baru ini.

Menurutnya, untuk mendapatkan tandatangan, peserta LDKS diminta mencoba melakukan praktik teknik tongkat kepada pegawai Dinas Pendidikan Jawa Barat yang menyambut kedatangan mereka. ”Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan terhadap anak-anak dalam melatih jiwa interaksi sosial yang baik,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang bertajuk The Journey of Bandoengsche Blinden Institut ini,

pihaknya dibantu oleh Komunitas West, dan para sukarelawan dari mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia.

Ditempat yang sama, Kepala SLBN Kota Bandung Wawan berharap, melalui LDKS ini, sekolah dapat melahirkan insan yang tangguh, berkepribadian, dan menyiapkan pengurus OSIS yang dapat membimbing anggota yang lainnya. Bahkan, uniknya para siswa tunanetra tersebut akan melakukan kegiatan secara mandiri bertemu dengan pejabat melakukan sosialisasi, interaksi, belajar/mengajar untuk diri sendiri, dan orang lain secara nyata.

”Kami berharap kegiatan yang pertama kali dilakukan ini, bisa menjadi contoh sekolah luar biasa lainnya di Jawa Barat maupun di seluruh Indonesia,” singkatnya.

 

Baca Juga :