Google Tendang 85 Aplikasi Dari Playstore Yang Berisi Adware

Google Tendang 85 Aplikasi Dari Playstore Yang Berisi Adware

Google Tendang 85 Aplikasi Dari Playstore Yang Berisi Adware

Google, selaku induk pengembang sistem operasi Android kembali melakukan bersih-bersih aplikasi

yang bermasalah di toko aplikasi milik mereka. Kali ini, tak kurang dari 85 aplikasi diklaim telah dihapus oleh pihak Google dari Play Store karena diketahui telah menyimpan malware yang menginfeksi jutaan perangkat Android.

Aplikasi-aplikasi yang di tendang oleh Google tersebut diketahui menyimpan malware berupa adware yang ditampilkan secara terus menerus ke layar smartphone pengguna Android yang terinfeksi.
Muat Lebih

Waspada, Malware Trojan Shopper Intai Para Pembeli OnlineWaspada, 24 Aplikasi Android Ini Terjangkit Malware JokerWaspada, Game Online Ini Bisa Curi Password Pengguna Android

Adware sendiri merupakan virus smartphone sangat menjengkelkan bagi pengguna yang perangkat yang terinfeksi, karena malware ini akan menampilkan iklan berupa banner atau pop-up yang memenuhi layar ponsel demi menghasilkan pundi-pundi dollar bagi si pembuat malware.

Tak hanya menjengkelkan karena tampilannya yang sangat menggagu, adware yang telah menginfeksi

perangkat dan terus-terusan menampilkan iklan, akan memepengaruhi kinerja smartphone karena akan menguras daya tahan baterai.

Beberapa aplikasi bermasalah yang dihapus Google tersebut, diketahui telah menyamar sebagai aplikasi game, streaming TV, dan simulator remote control yang sebelumnya sudah diunduh sembilan juta pengguna Android di seluruh dunia.
Baca Juga : Apple Bersedia Membayar Rp 14 M Bagi Penemu Bug di Perangkat Mereka

Para peneliti dari Trend Micro, sebuah perusahaan keamanan internet, yang menemukan

dan melaporkan malware tersebut kepada Google menjelaskan bahwa aplikasi-aplikasi temuan mereka tersebut bisa membombardir perangkat dengan iklan satu layar penuh secara berkala.

Iklan-iklan ang tampil tersebut juga akan muncul ketika pengguna membuka kunci perangkat dengan mengawasi fungsi pembuka kunci layar ponsel. Bahkan ketika pengguna sedang tidak online pun, aplikasi yang didomplengi malware tadi masih bisa menampilkan iklan.

Mereka akan berjalan bersembunyi dan berjalan di belakang sistem pada aplikasi di perangkat yang terinfeksi adware. Di antara ke 85 aplikasi tersebut, yang paling populer dan paling banyak diunduh pengguna adalah aplikasi Easy Universal TV Remote yang telah menurut catatan di Play Store telah diunduh lebih dari lima juta kali sebelum akhirnya dihapus oleh pihak Google.

Bahkan, aplikasi “abal abal” ini juga mendapat rating bintang empat dari lebih 100.000 pengguna, kendati pada kolom komentar diisi banyak keluhan dari pengguna yang mengunduh aplikasi tersebut.

 

Sumber :

https://obatpenyakitherpes.id/amigo-pancho-2-apk/