BEBERAPA PENGERTIAN ISLAM

Table of Contents

BEBERAPA PENGERTIAN ISLAM

BEBERAPA PENGERTIAN ISLAM
BEBERAPA PENGERTIAN ISLAM

Sesungguhnya agama ini adalah mudah.

Agama yang dimaksud di sini ialah Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu `alaihi wa sallam . Ia dikatakan mudah karena dibandingkan dengan agama-agama Islam yang dibawa oleh para Nabi sebelum beliau.

Dan tidaklah seorang pun melampaui batas dalam menjalankan agama ini kecuali….

Melampaui batas dalam menjalankan agama ialah melampaui batas dalam menjalankan yang sunnah sehingga meninggalkan yang wajib. Contohnya: orang yang semalam suntuk shalat malam sehingga menjelang shalat subuh dia tertidur karena kelelahan. Akibatnya dia tidak shalat subuh berjamaah di masjid atau bahkan shalat subuhnya setelah matahari terbit.

Amalan dia yang melampaui batas itu akan mengalahkannya .

Yang dimaksud bahwa amalan itu mengalahkannya ialah bahwa dia akan merasa berat dengan amalan itu sehingga dia cepat bosan dengannya dan kemudian meninggalkannya, bahkan meninggalkan pula amalan-amalan yang lainnya. Juga dalam makna ini ialah ketika seseorang meninggalkan rukhsah (kemudahan yang diberikan oleh agama) dan tetap menjalankan azimah (kemestian agama), maka dia dengan sebab itu akan terjatuh kepada kesulitan karena menjalankan agama dengan cara demikian. Seperti orang sakit yang diberi rukhsah oleh agama untuk bertayammum, tetapi dia tidak mau menggunakan rukhsah itu dan tetap menjalankan azimah , yaitu berwudlu sehingga sakitnya semakin parah karena berwudlu itu.

Maka berusahalah untuk mengamalkan agama dengan benar.

Yang dimaksud mengamalkan agama dengan benar ialah mengamalkannya dengan tidak memberat-beratkannya dan tidak mengenteng-entengkannya. Tetapi di tengah-tengah di antara keduanya yaitu menjalankan yang wajib lebih diutamakan dari yang sunnah. Memanfaatkan rukhsah dan tidak mengabaikan azimah .

Dan berusahalah untuk mendekati kesempurnaan bila tidak mampu menyempurnakannya.

Yakni berusahalah untuk menyempurnakan kewajiban agama dengan sekuat tenaga dan sebisa mungkin. Jangan berhenti untuk terus-menerus berusaha menjalankan kewajiban agama dengan sempurna.

Dan bergembiralah kalian.

Yakni tetaplah kalian bergembira dengan berita bahwa pahala amalan kalian di lipatgandakan oleh Allah dan disempurnakan bila kalian beramal shalih terus-menerus dengan rutin walau pun amalan itu secara kuantitas sedikit. Jadi jangan lemah semangat ketika kenyataannya amalan kalian tidak sempurna dan sedikit karena kelemahan manusiawi yang ada pada kalian. karena yang terbaik dari amalan shalih itu ialah bila dilakukan dengan ikhlas karena Allah dan pengamalannya sesuai dengan tuntunan Nabi shallallahu `alaihi wa sallam dan lagi amalan itu dilakukan terus-menerus dengan rutin.

Dan cari waktu di mana kondisi badan sedang segar untuk beribadah, yaitu di waktu antara setelah terbitnya fajar sampai terbitnya matahari.

Dan waktu antara Ashar sampai maghrib dan Isya’. Juga sebagai waktu yang baik untuk beribadah karena kondisi badan dalam keadaan segar.

Sebagian waktu dari malam hari yaitu di akhir malam menjelang terbitnya fajar karena setelah tidur di awal malam seusai shalat Isya’ , maka bangun di sepertiga terakhir malam, badan dalam keadaan segar untuk beribadah.

Baca Juga :