AS Ciptakan Mayat Anjing Sintetis

AS Ciptakan Mayat Anjing Sintetis

AS Ciptakan Mayat Anjing Sintetis

BIDANG kedokteran kembali menghasilkan sebuah inovasi terkait

dengan kadaver atau mayat untuk belajar mengajar ilmu anatomi dan bedah. Perusahaan asal AS, yaitu Syn Daver, baru-baru ini menciptakan teknologi kadaver sintetis berwujud anjing. Kadaver anjing bernama Alberta tersebut tampak seperti kadaver biasa, tanpa kulit dan bulu, tetapi ia bukan berasal dari anjing hidup karena terbuat dari

bahan sintetis. Syn Daver memproduksi kadaver anjing

dan manusia sintetis dengan bahan yang sama, modifikasi polimer sintetis yang terbuat dari air, garam, serat, dan senyawa lain untuk menyimulasikan segala macam jaringan yang sebenarnya.

Kadaver produksi Syn Daver, baik manusia maupun anjing

, diciptakan dengan sistem tubuh yang berfungsi yang dilengkapi detak jantung, sistem peredaran darah, paru-paru yang bisa mengembang, dan daging yang berdarah ketika dipotong. Selain itu, juga dilengkapi kulit yang dingin dan organ yang lentur saat disentuh serta dapat disesuaikan dengan patologi, penyakit, dan komplikasi. Teknologi tersebut dijual seharga US$28 ribu untuk kadaver anjing dan US$40 ribu untuk kadaver manusia yang masing-masing dapat digunakan 35-40 kali, serta potongan-potongan tubuh dapat diganti sesuai kebutuhan untuk menyimulasikan penyakit yang berbeda.

 

Baca Juga :